1. Buka dan baca artikel pada link berikut:
https://sbsinstrumens.blogspot.com/2025/03/perlunya-siswa-kelas-9-smp-belajar.html
2. Tuliskan 5 kata benda konkret dan 5 kata benda abstrak yang terdapat dalam artikel tersebut!
- Kata benda konkret:
- Siswa
- Blog
- Internet
- Gambar
- Video
- Kata benda abstrak:
- Keterampilan
- Kreativitas
- Informasi
- Pendapat
- Pengalaman
3. Tuliskan 5 kalimat aktif dan 5 kalimat pasif yang terdapat dalam artikel tersebut!
Kalimat aktif:
- "Ngeblog memberikan kesempatan bagi siswa untuk menulis tentang topik-topik yang mereka minati."
- "Menulis blog membantu siswa mengasah kemampuan menyusun kalimat yang jelas."
- "Siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun argumen."
- "Ngeblog tidak hanya sekadar tentang menulis."
- "Mereka juga belajar bagaimana menggunakan media sosial untuk mempromosikan tulisan mereka."
Kalimat pasif:
- "Berbagai aktivitas sehari-hari kini terhubung dengan internet."
- "Keterampilan ngeblog menjadi hal yang perlu dipelajari."
- "Informasi yang objektif serta berdasar dapat disajikan."
- "Berbagai alat teknologi dapat dimanfaatkan."
- "Kreativitas mereka dapat diekspresikan dalam berbagai bentuk."
4. Berapa jumlah paragraf artikel cerita inspiratif tersebut?
Artikel tersebut terdiri dari 11 paragraf.
5. Tuliskan 5 kelompok kata yang terdapat dalam artikel tersebut!
- "Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi"
- "Keterampilan yang sangat penting"
- "Menulis berbagai jenis teks"
- "Berpikir lebih mendalam dan kritis"
- "Mengekspresikan kreativitas mereka dalam berbagai bentuk"
6. Pengembangan paragraf pertama dalam artikel tersebut menggunakan pola deduktif, induktif, deskriptif, atau campuran? Jelaskan!
Paragraf pertama menggunakan pola deduktif. Pola deduktif adalah pola pengembangan paragraf yang dimulai dengan pernyataan umum (gagasan utama) yang kemudian diikuti oleh penjelasan atau rincian khusus. Dalam paragraf pertama artikel tersebut, kalimat pertama menyatakan pernyataan umum tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat di era digital saat ini. Kalimat-kalimat berikutnya memberikan rincian khusus tentang bagaimana berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk dunia pendidikan, kini terhubung dengan internet.
7. Tuliskan 5 kalimat opini dan 5 kalimat fakta yang terdapat dalam artikel tersebut!
Kalimat opini:
- "Keterampilan ngeblog menjadi hal yang perlu dipelajari."
- "Menulis adalah keterampilan yang sangat penting dalam dunia pendidikan."
- "Ngeblog memberikan kesempatan bagi siswa untuk menulis tentang topik-topik yang mereka minati."
- "Ini adalah keterampilan berpikir kritis yang sangat berguna tidak hanya dalam dunia pendidikan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari."
- "Kemampuan untuk menulis dengan cara yang kreatif tidak hanya akan meningkatkan kualitas tulisan mereka, tetapi juga memberi mereka rasa percaya diri dalam menyampaikan ide-ide mereka kepada orang lain."
Kalimat fakta:
- "Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat."
- "Berbagai aktivitas sehari-hari kini terhubung dengan internet, termasuk dalam dunia pendidikan."
- "Di tingkat SMP, siswa mulai belajar menulis berbagai jenis teks, seperti esai, laporan, atau teks argumentatif."
- "Ngeblog tidak hanya sekadar tentang menulis, tetapi juga melibatkan proses berpikir kritis."
- "Di era digital, kemampuan untuk mengakses, menilai, dan menggunakan informasi secara efektif di internet sangat penting.
8. Jelaskan 5 manfaat belajar "Ngeblog"!
5 manfaat belajar ngeblog bagi siswa kelas 9 SMP:
- Meningkatkan Keterampilan Menulis: Ngeblog memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih menulis secara bebas dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat yang jelas dan mengorganisir ide.
- Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis: Dalam menulis blog, siswa dilatih untuk mengevaluasi informasi, mencari sumber terpercaya, dan menganalisis berbagai perspektif tentang suatu topik.
- Meningkatkan Literasi Digital: Ngeblog membantu siswa memahami cara memanfaatkan berbagai alat teknologi dan mengelola konten digital, sehingga meningkatkan literasi digital mereka.
- Menumbuhkan Kreativitas: Melalui blog, siswa dapat mengekspresikan kreativitas mereka dalam berbagai bentuk, seperti memilih topik tulisan sesuai minat dan menggabungkan teks dengan elemen visual.
- Membangun Portofolio Digital: Blog dapat berfungsi sebagai portofolio digital yang menampilkan karya-karya siswa, yang dapat berguna untuk keperluan akademik atau profesional di masa depan.
No comments:
Post a Comment